Sabtu, 01 November 2014

Narkoba

Apakah teman-teman tahu apa itu narkoba? Narkoba adalah obat-obatan terlarang dari tanaman atau bukan tanaman yang mengakibatkan perubahan kesadarn. Seperti yang kamu tahu,  kita tidak boleh menggunakan narkoba. Mau tahu kenapa? Yuk, kita bahas lebih lanjut lagi tentang narkoba.
Narkoba bisa menyebabkan kerusakan biologis maupun psikologis pada tubuh kita. Narkoba inibiasa diedarkan oleh para bandar narkoba. Tahukah kamu berapa perkiraan uang peredaran gelap narkoba tingkat dunia? Ya, uang pengedaran narkoba mencapai lebih dari 300 milyar US dollar/tahun. Banyak sekali bukan? Jangan sampai uang teman-teman termasuk dalam pengedaran narkoba yang  haram ini, ya.
Kerugian narkoba itu banyak banget, temen-temen.  Terutama dalam segi kesehatan, sosial ekonomi, dan keamanan. Orang yang sudah menjadi candu narkoba akan menjual apapun di rumahnya (atau bisa rumah orang lain) demi narkoba. Karena kalau nggak, mereka akan merasakan kesakitan yang berlebih, namanya sakau. Intinya, orang yang sudah terkan candu narkoba akan mempertaruhkan apa yang menjadi miliknya demi narkoba. Mereka sudah candu.
Ciri-ciri pecandu narkoba adalah:
1.       Sering berbohong untuk memanipulasi keadaan.
2.       Sering menyendiri, seperi di kamar mandi, kamar tidur, atau yang lainnya.
3.       Menghindari aktivitas bersama keluarga.
4.       Dan lain-lain.
Penyalahgunaan narkoba di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2011 pecandunya sampai 3,8 juta orang. Jika hal ini tidak segera dicegah atau ditindaklanjuti, kemungkinan tahun 2015 ini pecandu narkoba di Indonesia akan mencapai angka 5,8 juta orang. Serem ya, temen-temen.
Whitney Houston adalah salah satu orang terkenal yang menggunakan narkoba. Kebanyakan usia pengguna narkoba adalah sekitar 15-64 tahun di seluruh dunia.
Kebanyakan WNI di luar negeri terancam hukuman mati karena pengedaran narkoba. Teman-teman harus mencegah agar temen-temen dan orang di sekitar temen-temen, punya kontak nih, sama yang namanya bandar narkoba. Karena kalau sampe iya, kesananya bakal repot. Just in case kalau temen-temen ditawarin narkoba sama Bandar narkoba, temen-temen harus berani bilang: nggak! Atau kalau versi aku, kabur aja ngacrit kemana aja asal nggak kena sama yang namanya narkoba. Karena kalau sudah kena sama narkoba, resikonya bakal repot. Gini nih, tahapnya kalau temen-temen udah say yes sama narkoba.
Proses seseorang bisa terkena narkoba:
1.       Kompromi:  temen-temen udah mau bergaul sama pengguna narkoba.
2.       Coba-coba: temen-temen udah nyobain narkoba.
3.       Toleransi: tubuh temen-temen udah toleran sama narkoba.
4.       Kebiasaan: temen-temen udah menjadikan narkoba sebagai kebiasaan temen-temen.
5.       Ketergantungan: tebuh temen-temen udah pada level kalau berhenti, bakalan sakau.
6.       Intoksifikasi: tubuh temen-temen udah keracunan sama narkoba.
7.       Meninggal dunia: temen-temen meninggal dunia, deh. Note: karena narkoba!
Kalau temen-temen udah kena narkoba. Kasarnya sih, nih, rasain sendiri akibatnya!
Akibat penyalahgunaan narkoba:
1.       Fungsi otak dan perkembangan terganggu.
2.       Adanya gangguan kesehatan.
3.       Adanya gangguan perilaku.
4.       Merosotnya nilai-nilai moral kemanusiaan.
5.       Mengakibatkan kejahatan, kekerasan, dan kriminalitas.
6.       Kehidupan keluarga tidak berfungsi normal.
7.       Terjadinya kerusakan social.
Meskipun orang yang sudah terkena narkoba bisa direhabilitasi. Tapi hampir pasti nggak bisa sembuh total. Karena, pengaruh narkoba itu udah menyerap banget dalam tubuhnya. Baik secara biologis maupun psikologis. Oleh karena itu, kalian harus mencegah narkoba terhadap orang-orang sekitar kalian dan yang pasti diri kalian sendiri , dengan cara:
1.       Memperbanyak informasi tentang bahaya narkoba.
2.       Jalani pola hidup sehat.
3.       Hindari rokok dan alkohol.
4.       Tidur yang cukup dan makan makanan bergizi.
Temen-temen udah tahu kan bahaya narkoba? Makanya, inilah hal-hal yang harus kita lakukan sebagai generasi penerus bangsa yang baik:
1.       Kita harus mencegah penyalahgunaan narkoba.
2.       Kita harus membangun komitmen pada pelajar/mahasiswa untuk tidak memakai narkoba.
3.       Manfaatkan waktu yang tersedia dengan baik.
4.       Perlu kesadaran tentang narkoba.

Nah, temen-temen, sekian penjelasan tentang narkoba dari saya. Semoga ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah membaca. Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar