Minggu, 23 November 2014

Internet Baik Dan Sehat

Teman-teman sudah pasti kenal kan dengan internet? Yap, teman kita yang satu ini memang banyak manfaatnya sekaligus banyak nilai minusnya juga. Kali ini, aku akan membahas tentang cara bermain yang baik dengan teman kita yang satu ini. Cekidot!

Cara bermain dengan teman kita ini harus dengan cara yang baik dan sehat. Ya, judul kita hari ini adalah “Internet Baik Dan Sehat”. Kita harus bisa bermain dengan cara ini. “Caranya bagaimana, Ningsih?” Berikut ini cara-caranya:

Kita jangan memberikan data pribadi kita pada Internet secara spesifik. Contohnya, memberi tahu alamat dan lain sebagainya. Karena itu memudahkan para ‘orang yang tidak dikenal’ mengetahui data tentang diri kita. Dan itu berbahaya. Gimana kalau kamu tiba-tiba disamperin orang terus diculik karena penculiknya tahu alamat kamu? Who knows, ya. Siapa tahu itu bisa terjadi.

Kedua, jangan berteman dengan orang yang tidak dikenal di Internet. Karena, mereka bisa memberikan malapetaka secara tiba-tiba padamu. Misalnya, memberikan konten porno atau melakukan hal yang vulgar. Soalnya, aku sebagai penulis juga pernah pengalaman pas aku lagi ngobrol di Omegle. Jadi, si chatter nya itu nunjukin alat kelaminnya. Aku langsung end chat aja. Serem, ya? Makanya, hati-hati kalau punya cyber friend. Kita harus hati-hati dalam memilah; siapa yang lebih pantas kita temani,  dan siapa yang tidak.

Kalian juga harus mengatur waktu kalian di Internet. Jangan sampai waktu kalian habis hanya karena internet. Ini termasuk teknik bermain internet yang sehat. Kalian harus lebih produktif. Kalian sebaiknya membuka internet untuk hal-hal yang perlu saja. Misalnya, mengepost di blog atau melihat post yang menggugah gairah hidup di Facebook. Begitu, menurutku.

Kalian harus menyukai apa yang menjadi diri kalian sendiri. Cari passionmu di internet. Kembangkan bakatmu. Tunjukkan (lewat internet) pada dunia bahwa kamu bisa! Aku tahu kamu memang bisa J


Sekian post singkat dan padat tentang “Internet baik dan sehat”. Baru pertama kali aku mengepost sesingkat ini karena memang hanya ini yang aku tahu tentang “Internet baik dan sehat”. Yang terpenting aku sudah berbagi ilmuku. Bagaimana denganmu, apa kamu akan membagi ilmumu dengan dunia, juga? Kutunggu tulisanmu, ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar